Wisata Teluk Triton Papua : Tiket, Fasilitas, Rute, Lengkap [2020]

Teluk Triton Papua – Papua memang memiliki keindahan alam yang memukau bagi siapa pun. Dari berbagai sudut, nampaknya wilayah papua memang menggoda.

Terlebih di kabupaten Kaimana Papua Barat, ada satu tempat yang amat direkomendasikan untuk dikunjungi. Namanya Teluk Triton Papua.

Tempat ini memiliki keindahan bawah air yang luar biasa sehingga cocok untuk snorkeling. Maka dari itu, sobat belum afdhol ketravelerannya kalau belum nyicipi Papua ini.

Memang sih saat ini masih ada keributan-keributan terutama di Sorong dan Manokwari. Tapi min denger sudah mulai membaik dan stabil. Aduuuh semoga segera selesai ya masalah-masalahnya.

Sekilas Pandang Teluk Triton

wisata papua

Teluk Triton termasuk teluk yang agak tersembunyi di Kampung Lobo. Teluk yang menggoda ini memiliki sejumlah pulau-pulau kecil dengan tekstur batu karang serta air bening dengan pemandangan bawah laut yang menggoda bak surge.

Umumnya, para wisatawan datang ke sini untuk menikmati suasana alam, apalagi di sore hari saat terbenam.

Bukan saja para peneliti, ahli, wisatawan, penyelam, warga asing pun turut meramaikan tempat ini.

saking spektakuler dan instagramablenya tempat ini, acapkali wisatawan menyebut teluk triton dengan nama “The Fish Empire”.

Sebagian lagi menyebut “the lost paradise”. Sungguh, tempat ini bikin speechless untuk didefinisikan.

Sementara pemandangan bawah laut, berdasarkan pendapat para ahli, setidaknya ada sekitar 937 jenis ikan dan beberapa di antaranya merupakan spesies langka yang hanya terdapat di Kaimana.

Selain ikan, para ahli juga mengemukakan sekitar 492 terumbu karang hidup di perairan ini. uniknya 16 jenis diantaranya tidak pernah ditemukan di tempat lain di dunia.

BACA :  Tempat Wisata di Papua Paling Santuy [2020]

Tentu saja spesies-sepesies umum pun terdapat di sini seperti udang lobster sekitar 27 jenis, penyu hijau sekitar 16 jenis dan lain sebagainya. Karena itu, tidak berlebihan jika teluk triton disebut sebagai surga tersembunyi di papua.

Teluk Triton Tempat Favorit para Fotografer

teluk triton papua

Meski belum begitu populer di kalangan fotografer professional, tetapi tempat ini sudah mulai diminati mereka. Satu per satu datang dan membidik pemandangan dengan sudut kamera yang pas sehingga menjadi booming.

Meski begitu, sejumlah gambar banyak bertebaran di lini masa lantaran para wisatawan gregetan ingin segera share pengalaman mereka.

Jadi, meski para fotografer professional masih terbilang minim, bukan berarti gambar teluk triton menjadi langka. Tidak.

Banyaknya gambar yang bertebaran yang dishare oleh para pengunjung membuat para fotografer kepo sehingga satu demi satu memburu tempat tersebut. Akhirnya, teluk triton kaimana pun semakin booming.

Bermain Dengan Hiu Paus di Teluk Triton

teluk triton papua

Sungguh menarik, disamping pemandangan yang menawan, sobat juga bisa bermain-main dengan ikan paus selama di kaimana.

Menakjubkan, pengalaman waktu kecil sobat ketika mengunjungi pantai, ekspresi kegirangan sobat ketika tiba di bibir pantai, dan sikap sobat di waktu kecil ketika bertemu dengan pasir putih. Oooh,,,itu semua akan terulang di teluk triton.

Apalagi kalau sudah menyelam, bukan saja terumbu karang dan berbagai jenis spesies ikan yang bakal sobat temukan, ikan hius paus pun bisa sobat jadikan untuk bermain.

Dengan berbekal aktifitas berenang yang cool, sobat akan merasakan sensasi fantastic yang tidak pernah sobat temukan di tempat wisata lain.

Jadi, untuk dapat mengakses ke hiu paus, sobat kudu pake peralatan diving, sehingga sobat dapat berpelukan dengan hiu paus. Sobat bisa memegang kulitnya, mengelus-elus, mendokumentasikannya.

BACA :  Festival Danau Sentani di Papua

Uuuh…kalau pun sobat tidak bisa renang, sobat cukup menyodorkan tubuh di ujung speedboat, nanti akan muncul ikan tersebut sehingga sobat bisa kencan dengannya.

Gugusan Karang di Teluk Triton Kaimana

teluk triton papua

Hal yang tak kalah menarik juga adalah gugusan pulang karst (karang) yang berbearis ke belakang dan bejejer ke samping.

Tentu saja pemandangan ini dapat sobat manfaatkan untuk kegiatan speedboat sehingga sobat bisa melewatinya dengan cara meliuk-liuk seperti yang ada di tivi-tivi itu. Hehe.

Dengan pemandangan air hijau tosca, sobat benar-benar akan merasakan betah, ndak mau pulang. Hanya saja belum ada tempat untuk mengakses puncak karang-karang tersebut.

Jadi sobat hanya bisa mengabadikan gambarnya dari kejauhan saja. maksudnya, tidak bisa dari puncak bukit langsung.

BACA : Pulau Semau NTT Juga Kayak ‘Surga’

Wisata Sejarah Lukisan Dinding Pra-sejarah

teluk triton papua

Memang luar biasa, selama di sini sobat juga bisa belajar sejarah. Sebab terdapat sebuah lukisan dinding dengan corak tertentu yang belum dapat dipahami.

Meski demikian, sobat pasti mendapatkan pengalaman plus-plus karena galeri alam yang panjangnya 1 km ini terlihat merah menyala yang menunjukan adanya suatu peradaban di masa lampau.

Mencengangkannya lagi, lukisan purba ini berada di tebing karang yang sulit dijangkau alias berada di atas 10 meter mdpl. Bisa dibayangkan, bagaimana cara membuat lukisan tersebut.

Kita tidak tahu, apakah dahulu kala tempatnya sudah seperti ini dan mereka memiliki cara tertentu untuk membuat lukisan mencengangkan itu, atau barangkali dahulu kala tempatnya masih datar dan lambat laut mulai terangkat sehingga meninggi?

Yang jelas, jika sobat ingin membidiknya sobat harus menggunakan speedboat agar puas mengabadikannya.

Rute dan Cara Menuju Teluk Triton

teluk triton papua

Untuk menuju teluk triton sobat bisa menggunakan via udara dengan Wings Air, G Airlines, Merpati Air, Express Air ataupun Tri M.

BACA :  Festival Danau Sentani di Papua

penerbangan ini akan membawa sobat ke Bandara Utarum Kaimana. Oya, perlu diketahui, penerbangan ini tidak setiap hari alias hanya hari – hari tertentu saja. jadi silahkan cari jadwal penerbangan tersebut.

  1. Jika sobat berangkat dari Sorong, sobat harus transit dulu di fak-fak, lalu ke Kaimana sekitar 1,5 jam.
  2. Jika sobat dari ambon, sobat harus transit dulu di fak-fak lalu ke Kaimana.
  3. Jika sobat ingin pake kapal laut, sobat bisa naik KM Ciremai dari Jakarta-Kaimana.
  4. Jika sobat pake jalur laut juga, sobat bisa naik KM Tamailau dari Manado-Kaimana.

Jika sudah di Kaimana, sobat harus menaiki kapal lagi untuk mencapai Teluk Triton. Kapal yang akan mengantarkan sobat ini adalah kapal-kapal milik pemerintah.

Nantinya sobat juga harus transit di beberapa desa sekitar teluk triton. Kalau ingin instan, sobat bisa sewa speedboat dari Kaimana ke Teluk Triton langsung, atau sewa perahu panjang yang jarak tempuhnya 3 jam.

Demikian sekelumit informasi tentang teluk triton yang jadi primadona itu.

Singkatnya, di tempat ini sobat bisa menyaksikan lukisan tebing, pemandangan bukit karang, pemandangan bawah laut yang menggoda, bermain bersama hiu paus, bermain speedboat di antara karang-karang menjulang dan lain-lain.

BACA : Festival Danau Sentani Papua

Leave a Reply