Wisata Pulau Mentawai di Sumbar (Update 2020)

Wisata Pulau Mentawai – Kepulauan Mentawai terkenal sebagai kepulauan yang cantik, sehingga banyak orang terkagum-kagum ingin mengunjunginya.

Pesona lautnya adalah pesona kelas dunia, membuat wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong datang ke pulau ini.

Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten bagian provinsi Sumatera Barat. Terdiri dari empat buah pulau, yaitu Siberut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Pulau terbesar adalah pulau Siberut, dimana penduduk kepulauan Mentawai paling banyak berada disini. Di Pulau Siberut ini juga terdapat pelabuhan yang melayani penyebrangan ke kota Padang.

Meskipun Siberut menjadi pulau terbesar dengan penduduk terbanyak, namun justru Pulau Sipora yang menjadi kota pusat administrasi kepulauan Mentawai, yaitu di kota Tuapejat.

Untuk dapat menikmati pesona pulau Mentawai, sobat dapat mendatanginya dari arah kota Padang kemudian menyebrang ke kepulauan Mentawai di Pulau Siberut.

Penyebrangan ini hanya dilakukan sebanyak dua kali dalam sepekan. Yaitu di kamis malam dan minggu malam.

Waktu penyebrangan membutuhkan waktu selama 5 sampai 7 jam. Karena itu, sobat mesti berpikir ulang untuk keluar masuk kepulauan Mentawai ini yah.

Selain dengan kapal penyebrangan, sobat dapat mengunjungi Kepulauan Mentawai dengan transportasi udara, hanya butuh kurang dari satu jam, sobat sudah dapat sampai di Tuapejat, ibukota Kepulauan Mentawai. Luar biasa.

Destinasi Wisata Pulau Mentawai

keindahan pulau siberut

Banyak kegiatan yang bisa sobat lakukan sambil menikmati pesona kepulauan Mentawai. Berikut mimin hadirkan aktivitas yang bisa sobat pilih selama berada di pulau cantik ini.

1. Berselancar di Atas Ombak

keindahan pulau siberut

Ombak disini sangat menantang adrenalin sobat. Terdapat 400 titik yang sangat bagus dijadikan tempat berselancar, 23 titik diantaranya memiliki ombak yang sangat keren berskala internasional. Wah, hebat pokoknya.

BACA :  Tempat Wisata di Medan ( Update 2020 )

Bagi para pecinta olahraga air, kurang seru kalau belum merasakan dahsyatnya ombak di kepulauan Mentawai.

2. Surfing

surfing di mentawai

Kepulauan Mentawai biasa menjadi tempat pelaksanaan acara surfing berskala internasional. Hal ini karena tempat yang sangat eksotis dan sangat cocok untuk dijadikan tempat surfing.

Selalin itu, secara geografis sangat strategis. Kepulauan ini posisinya berhadapan langsung dengan samudera Hindia. Semakin menambah kerennya aktivitas surfing.

Ombak disini dapat mencapai hingga ketinggian 3 sampai dengan 4 meter, bahkan bisa sampai mencapai ketinggian 6 meter. Pantas saja, dunia internasional menjadikan tempat ini sebagai tempat menarik untuk surfing internasional.

Kerennya lagi, ombak disini tidak mengenal musim karena sepanjang tahun ombaknya selalu besar dan tampak cantik. Inilah yang semakin menjadi daya tarik kuat bagi peselancar tingkat dunia untuk berkunjung ke tempat ini.

3. Menikmati Terumbu Karang

terumbung karang mentawai

Sobat dapat menemukan pasir putih lembut dengan terumbu karang cantik di seluruh pantai yang ada di Mentawai. Jika sobat menjelajahi sepanjang pantai timur, bahkan hingga sepanjang pantai selatan, terumbu karang itu akan didapati dengan mudah.

Menyelam dan berenang pun menjadi hal yang wajib sobat lakukan untuk menikmati keindahan lautnya.

Kawasan konservasi perairan pun terdapat di kepulauan Mentawai, bisanya dikenal dengan nama Taman Wisata Perairan Selat Bunga Laut dan sekitarnya.

Pengelolaannya dilakukan dengan membentuk satu badan pengelola yang dilakukan secara mandiri bersama masyarakat sekitar.

BACA : Wisata Flores yang Sangat Menakjubkan

Untuk menikmati keindahan dan eksotisnya pulau Mentawai, tidak seru sama sekali jika tidak bermalam. Sobat wajib meluangkan waktu untuk bermalam disini untuk mendapatkan nuansa eksotis di malam dan pagi hari.

Jangan khawatir ada homestay yang sudah disiapkan bagi para pengunjung meskipun jumlahnya tidak banyak.

BACA :  Wisata Pasir Putih Situbondo ( Update 2020 )

peta kepulauan mentawai

Jikapun tidak menemukan homestay yang kosong, sobat dapat menginap di tempat penduduk setempat karena penduduk di Kepulauan Mentawai ini terkenal ramah apalagi jika berinteraksi dengan wisatawan dari luar kepulauan mereka.

Satu hal yang harus sobat perhatikan, jangan pernah menghilangkan barang-barang anda satupun apalagi barang yang menurut sobat sangat penting. Karena sobat akan sulit menemukannya kembali, dan sangat sulit menemukan penjual disana.

Jika papan surfing sobat hilang, maka tidak akan sobat dapatkan penjual papan surfing disana. Lebih baik berhati-hati daripada hilang dan tidak mendapat ganti.

BACA : Wisata Pekanbaru yang Lagi Heboh

Leave a Reply