Tempat Wisata di Pontianak (BARU 2019)

Tempat wisata di Pontianak – Sobat traveler yang selalu cool, saat ini kita masih di tempat wisata Kalimantan, tepatnya di Pontianak.

Sebagaimana kita tahu kota Pontianak adalah kota yang berada di Kalimantan Barat. Dan kota ini, sangat penting karena di dalamnya terdapat beragam tempat wisata yang menjadi sumber pemasukan daerah.

Bukan saja wisata alam, di kota ini juga terdapat sekian tempat wisata termasuk wisata budaya, wisata kuliner, wisata hiburan, religi dan sebagainya.

Pun dengan penginapan, ada sekian banyak penginapan murah di Pontianak yang bisa anda booking. Full heppy berwisata.

Pokoknya, kalau sobat traveler mencoba berkunjung ke Pontianak, dijamin nggak bakal nyesel, malah bikin betah dan nggak mau pulang. Bener nggak sih? Mari kita intip daftar tempat wisatanya.

Tempat Wisata di Pontianak Kalimantan Barat

Sobat traveler, sebelumnya kami ingin menyampaikan bahwa wisataka akan konsen pada info-info seputar pariwisata di Indonesia.

Dan perlu sobat traveler ketahui, Indonesia termasuk negara yang memiliki sektor pariwisata no wahid di dunia.

Karena itu, tim wisataka akan senantiasa mengupdate info baru seputar wisata. Baiklah, ini dia daftar tempat wisata di Pontianak;

1. Rumah Betang Radakng

tempat wisata di pontianak

rumah radakng

Dear traveler, tempat wisata di Pontianak pertama adalah Rumah Betang Radakng. Rumah ini merupakan wisata budaya yang cukup terkenal sehingga wajib sobat kunjungi.

Rumah Betang Radakng adalah replica dari rumah adat suku Dayak Kalimantan Barat.

Rumah ini dibangun oleh pemerintah kota Pontianak untuk mengenalkan kepada para pengunjung tentang rumah adat.

Ciri rumah Betang Radkng berukuran panjang, sehingga sobat yang berkunjung dan menyaksikannya jangan terlalu heran. Bukan saja terpanjang di Kalimantan, rumah adat ini juga malah merupakan rumah terpanjang se Indonesia.

Berapa sih panjang rumah betang radkng? Mungkin sobat bertanya. Yaps, jawabannya 138 meter. Bagaimana, fantastis bukan?

Bagian-Bagian Rumah Adat Dayak Kalbar

Mengapa rumah adat batak kalbar berukuran panjang? Hal ini untuk menunjukkan semakin panjang rumah, berarti semakin menunjukkan bahwa penghuninya berjumlah banyak.

Perlu diketahui, rumah adat ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu bagian pante (teras), bagian ruang tidur dan bagian selasar.

  1. Pante (teras)
  2. Bilik tidur (ruang pribadi)
  3. Selasar

Karena rumah adat ini begitu penting, maka rumah adat ini juga dijadikan pertunjukkan yang bikin para pengunjung merasa ingin mengabadikannya.

Oya, wisata budaya ini sangat penting untuk sobat catat di list destinasi wisata tahun ini. semoga bermanfaat.

2. Keraton Kadriah

tempat wisata di pontianak

Keraton Kadriah

Tempat wisata di Pontianak berikutnya adalah keraton kadriah. Keraton ini tentu saja tak kalah menarik dari tempat wisata lain.

Layaknya keraton Jogja, keraton Kadriah di Pontianak sudah menjadi tempat berkunjung yang bernuansa sejarah.

Keraton kadriah sendiri didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadria tahun 1771 yang merupakan sultan pertama di Pontianak.

Keraton Kadriah yang berlokasi di jl Tritura ini didominasi oleh warna kuning dan tersusun dari kayu besi yang amat kuat.

Oleh sebab itu, meskipun keraton ini sudah berusia sekian tahun tetapi bangunannya tetap berdiri kokoh.

Jika sobat berkunjung, nanti sobat akan menyaksikan foto-foto bersejarah berupa pakaian kesultanan dan juga bagaimana singasana sang sultan.

Perlu diketahui, ada satu yang hal yang sangat berharga di keraton ini yaitu AL-QURAN yang ditulis langsung oleh sang Sultan. Luar biasah. Karenanya keberadaan quran ini menjadi kebanggan yang luar biasa bagi masyarakat Pontianak.

Adapun di bagian luar, sobat juga akan menyaksikan Meriam bekas peninggalan jepang dan portugis. So, berkunjunglah ke sini.

3. Sinka Island Park

tempat wisata di pontianak

Sinka Island Park

Sinka Island Park adalah tempat wisata yang barangkali tepat disebut sebagai gabungan antara Ancol dengan Ragunan.

Selain itu, tempat ini juga memiliki capture suasana yang asik untuk berfotoria, di samping tentunya sambil menyaksikan berbagai sawa dari berbagai spesias.

Hebatnya, dengan segudang fasilitas itu, harga tiket sinka island park hanya Rp. 10.000 saja.

Oya, selain kebun binatang, di tempat ini juga sobat bisa menikmati wisata lain berupa pantai. Di sini sobat juga bisa berkunjung ke pulau yang terkenal dengan pulau paling kecil sedunia, namanya Pulau Simping.

Pokoknya, kalau sobat berkunjung ke sini bawa kamera yang bagus ya untuk mengabadikan setiap moment penting anda. kalau bisa kirim ke situs kami. Hehe.

4. Pantai Pasir Panjang

tempat wisata di pontianak

Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang merupakan tempat wisata yang cukup ramai diserebu para wisatawan. Pasalnya tempat ini menyediakan capture pemandangan yang alami berupa pasir sepanjang pantai.

Selain itu, pasir yang berwarna kecoklatan ini terkadang ditambah bebatuan di sebagian spotnya sehingga para pengunjung bisa menjadikannya sebagai background selfie.

Namun perlu diingat, justru karena terdapat bebatuan di sebagian spotnya, sobat kudu hati-hati, karena bebatuan ini terkadang licin yang bisa membuat kaki sobat tergelincir dan jatuh.

Oya, selain itu, sobat juga bisa memancing ikan, berselancar, berduduk-duduk santai, atau bahkan sobat bisa berenang sepuasnya.

Gimana tertarik kan? Ajak teman-teman biar lebih seruuuuu.

Adapun soal fasilitas, di pantai pasir panjang juga sudah terbilang lengkap sehingga sobat tetap merasa nyaman selama di sini.

Oya, kalau sobat kesini, coba sempatkan untuk menyaksikan matahari terbenam alias sunset, uh….sobat akan merasakan betapa indahnya alam ini dan sobat akan dibuat takjub tiada henti.

5. Taman Alun-Alun Kapuas

tempat wisata di pontianak

Taman Alun-Alun Kapuas

Sobat traveler, kalau sobat bosan dengan tempat wisata pantai atau yang beraroma panas, sobat bisa beralih ke tempat wisata yang teduh dan hijau-hijau.

Jika di Pontianak, mungkin alternatifnya taman alun-alun Kapuas yang berlokasi di Jl Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota. Selain keteduhan, sobat juga bisa menikmati landscape pemandangan yang indah.

READ : Tempat Wisata Terbaru di Bontang 2019

6. Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

tempat wisata di pontianak

Museum Negeri Sejarah Budaya Khas

Pun jika sobat bosan dengan aneka tempat wisata yang ada, mungkin sobat perlu beralih ke tempat wisata sejarah. Di Pontianak sendiri, sobat bisa mengunjungi Museum Negeri Sejarah Budaya Khas.

Museum yang ada di kota Pontianak ini dibuka untuk umum. Jadi sobat bisa mengunjungi tempat ini.

7. Kolam Renang JC Oevang Oeray

tempat wisata di pontianak

READ : Tempat Wisata Terbaru di Tarakan Kalimantan Utara 2019

Bagi sobat yang cinta banget dengan aktifitas renang, atau cintaaa banget nongkrong di depan kolam renang, sobat bisa kunjungi kolam renang JC Oevang Oeray.

Kolam yang ada di Pontianak ini menawarkan aneka permainan air yang bisa bikin sobat nyaman. Selain itu, tempat kolam renang ini juga bisa untuk anak-anak, dewasa dengan kedalaman yang bervariasi.

Adapun soal kuliner, sobat juga jangan khawatir, sebab di kolam renang ini tersedia berbagai menu makan yang bisa sobat pesan, ya mungkin harganya aja agak miring. Hehe. Meski demikian, dijamin sobat nggak nyesel ko.

Nah terakhir, kalau sobat benar-benar ingin berkunjung ke tempat ini, sobat harus merogoh gocek untuk tiket sebesar Rp. 25.000.

Demikian ketujuh tempat wisata yang selalu ngehits di kota Pontianak. Semoga bermanfaat dan semoga menjadi referensi tersegar di tahun ini.

Leave a Reply