7 Tempat Wisata di Balikpapan Paling Instagramable

Tempat Wisata di Balikpapan – Sobat Traveller yang berbahagia, pernahkah sobat jalan-jalan ke kalimantan timur? kalau pernah, sekarang pertanyaannya, pernahkah sobat berkunjung ke kota Balikpapan dan tempat-tempat wisatanya?

Jangan salah loh, ternyata di sini ada banyak destinasi tempat wisata yang bagus-bagus. Bahkan, tempat-tempat wisata di sini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Jadi, ketika liburan tiba sobat bisa nih jalan-jalan ke tempat-tempat ini bersama keluarga. Bisa bersantai menikmati suasana alam yang serba plong.

Tempat Wisata di Balikpapan Terbaru

Nah, apa saja tempat wisata paling instagramble di balikpapan? ini yuk kita telusuri satu per satunya :

1. Pantai Melawai 

tempat wisata di balikpapan

Destinasi wisata menarik dan terkenal di Balikpapan diantaranya adalah Pantai Melawai. Di tempat ini biasanya anak-anak muda berkumpul dan menikmati alam Balikpapan.

Pemandangan di pantai ini sangat eksotis dan mencerminkan kekhasan pemandangan Balikpapan. Tampak dari ragam fasilitas, bangunan dan aktivitas yang ada di pantai tersebut. Selain itu, lokasi pantai ini mudah dijangkau.

Pemandangan laut dihiasi dengan kapal berbagai jenis dan ukuran. Ada kapal tanker, kapal-kapal tongkang juga perahu nelayan.

Pemandangan darat ramai dengan lalu lintas di sepanjang jalan pantai, gedung dan kantor-kantor perusahaan tambang, hotel, kafe dan bangunan lain yang unik dan cukup menarik untuk dikunjungi.

Lokasi pantai Melawai ada di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan-Balikpapan Kota, Kalimantan Timur. Karena berada di teluk kecil, maka pemandangannya tidak terbatas dengan apapun.

Karena itulah, anda dapat menikmati sunset dengan sempurna disini. Pada malam hari, anda akan melihat kelap-kelip mempesona dari lampu-lampu kapal di atas gelombang laut.

Suasana itulah yang menjadi pemikat bagi masyarakat untuk menikmati pemandangan malam pantai ini.

2. Pantai Lamaru 

tempat wisata di balikpapan

Salah satu pantai di Balikpapan adalah Pantai Lamaru, pantai dengan pasir putih dengan pemandangan eksotis terpajang jelas di sepanjang pantai ini. Oya, pantai ini berlokasi Jalan Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur-Kalimantan Timur.

Pantai Lamaru memiliki kekhasan diantaranya pantainya yang landai. Selain itu, pantai ini dipenuhi dengan pasir putih hingga beberapa puluh meter.

BACA :  Wisata Banjarmasin Paling Seru untuk Backpacker-an

Bibir pantainya sangat luas, para wisatawan biasanya menggunakan tempat ini untuk bermain-main diantaranya bermain bola, voli pantai, dan sebagainya.

Gelombang laut di pantai ini sangat bersahabat, sehingga pantai ini dikenal karena keamanannya juga. Wisatawan tak perlu khawatir jika membawa putra dan putri yang masih kecil, karena gelombang airnya kecil dan tidak berbahaya.

Pemandangan di daratan dipenuhi dengan deretan pohon cemara yang rimbun, hijau dan sejuk. Anda pun dapat juga menikmati suasana di pantai menggunakan kuda dan andong, yang sengaja disiapkan untuk disewakan pada setiap wisatawan.

Selain itu, terdapat juga warung-warung di pinggir pantai yang menyediakan ban, kapal kayuh, dan banana boat untuk disewa.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Lamaru

Biaya masuk ke Pantai Lamaru Rp. 10.000,-/orang. Sementara biaya parkir kendaraan roda dua Rp. 5.000,- dan kendaraan roda empat Rp. 15.000,-.

Sebelum anda memasuki area pantai, anda akan menemukan jalan bergelombang dan tidak di aspal. Berhati-hatilah jika kondisi jalan sedang dalam keadaan becek dan berair.

Info tambahan untuk anda, dalam rangka menambah wawasan dan pengalaman, anda juga dapat sekalian berkunjung ke kuburan Jepang yang dekat dari pantai Lamaru.

Sekitar 150 meter dari pantai Lamaru, anda akan menemukan jalan setapak yang bagus, tak jauh dari pantai ada rumah panggung khas Kalimantan.

Dekat dari rumah itu, pintu gerbang kuburan Jepang sudah bisa terlihat. Singkat cerita, kuburan Jepang adalah kuburan tentara-tentara Jepang yang wafat pada perang dunia kedua.

Pada kuburan tersebut terdapat tuga peringatan dengan tulisan huruf kanji.

3. Pantai Kemala 

tempat wisata di balikpapan

Pantai Kemala juga memiliki keeksotisan yang istimewa dibandingkan pantai-pantai lainnya di kota Balikpapan. Pasir putihnya sangat halus, membuat banyak wisatawan tak pernah puas dalam menikmati pemandangan di pantai ini.

Di sepanjang pantai, anda pun dapat melihat beberapa kafe dan tempat kuliner memenuhi kawasan pantai.

Pantai ini disebut juga “Jimbarannya Kota Balikpapan” karena ada kemiripan dengan Jimbaran di Bali. Kenapa mirip dengan di Bali? Karena, ketika memasuki tempat kulinernya anda akan disuguhi pemandangan gapura dengan desain ala Pulau Dewata.

Wisatawan lebih memilih datang di sore hari hingga malam hari, sambil menikmati live music dan makanan/minuman penambah kehangatan di suasana malam.

BACA :  Tempat Wisata di Samarinda yang Instagramagble (Update 2020)

Biaya masuknya pun cukup murah, hanya RP. 5.000,-/orang. belum termasuk biaya parkir. Penggunaan banana boat dikenai tarif sebesar Rp. 25.000,-/orang.

Harga makanan/minuman di pantai Kemala ini juga masih sangat terjangkau, bisa dikatakan masih ramah di kantong wistawan.

4. Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

tempat wisata di balikpapan

Hutan Mangrove Margomulyo memiliki beberapa potensi alam. Diantaranya, masih terdapat hewan langka asal Kalimantan yaitu Bekantan. Disana, anda dapat melihat kelincahan monyet Bekantan lompat dari pohon satu ke pohon yang lain.

Tempat wisata ini, sedang mengembangkan fasilitas untuk menikmati sunset dengan menggunakan kapal dan menyusuri hutan mangrove melalui muara sampai tembus ke lautan.

Fasilitas ini masih belum banyak diketahui banyak orang. sewa kapalnya dikenai Rp. 150.000,/jam, dan bisa menampung 5-7 orang.

5. Kampung Atas Air Margasari

tempat wisata di balikpapan

Kampung ini lokasinya di daerah Margasari, Kampung Atas Air, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Anda dapat naik sepeda motor atau menggunakan transportasi umum yang melalui daerah ini sampai di pasar kampung baru.

Kampung atas air Margasari menjadi prestasi Pemerintah Kota Balikpapan dalam penataan kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih hijau segar.

Pemkot menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award pada tahun 2013.

Kampung ini berdiri di sepanjang jembatan kayu ulin seluas 6,7 hektar di atas laut. Ini adalah pemandangan perkampungan yang sangat unik.

Ruang terbuka hijau yang sejuk dan eksotis menjadi magnet bagi wisatawan untuk mendatangi tempat ini.

6. Danau Cermin Lamaru 

tempat wisata di balikpapan

Destinasi wisata yang dapat menjadi referensi ketika pergi ke Balikpapan adalah Dana Cermin Lamaru. Danau ini memiliki air yang sangat jernih bagaikan cermin.

Nama asli danau ini adalah Danau Rawamangun, namun karena bagian tengah yang berair dalam terlihat kehijauan memantulkan warna pepohonan yang ada di sekitarnya, akhirnya disebut juga dengan sebutan Danau Hijau.

Sementara disebut danau cermin karena pantulan pepohonan dan awan yang berarak di atasnya sangat tampak mirip dengan aslinya. Danau ini adalah danau buatan manusia.

Tanah asli danau ini dikeruk untuk tempat latihan tembak menembak pihak TNI AD. Ketika ditinggalkan, area tanah yang berbentuk cekung ini digenangi air dan membentuk danau cermin Lamaru.

BACA :  Tempat Wisata di Singkawang Kalbar Terbaru (Update 2020)

Air danau ini memiliki kadar asam yang tinggi, karena kandungan tanah liat dan batu bara di dalamnya. Karena itulah, air ini tidak layak untuk dikonsumsi.

7. Kebun Raya Balikpapan 

tempat wisata di balikpapan

Mendengar kebun raya pasti teringat Bogor, bukan? Ternyata, kebun raya ada juga di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kebun Raya Balikpapan ini sebenarnya adalah halalman luar dari Hutan Lindung Sungai Wein.

Kebun raya ini menjadi paru-paru kota dan pusat konservasi tanaman kayu hutan tropis Kalimantan.

Kebun Raya Balikpapan menjadi kebun raya terluas se-Indonesia karena luasnya mencapai 309,2 hektar, dan hampir 60 persennya berupa hutan. Selain itu, kebun raya ini memiliki sekitar 5000 koleksi tanaman khas Kalimantan, dan kurang lebih 2000 spesies anggrek.

Kebun raya ini terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Terdapat gedung pusat informasi di bagian paling depan. Wisatawan akan disambut dengan jejeran anggrek tebu, hitam, dan anggrek pisang.

Tiga anggrek yang habitatnya berada di belantara Kalimantan.

Di kejauhan tampak dua pohon keruing yang saling berdekatan tinggi menjulang sekitar 30 meter. Di sudut lain tampak juga pohon ulin yang tingginya mencapai 30 meter tegak berdiri.

Ulin dikenal sebagai kayu paling kuat, paling tahan di laut, sungai, bahkan tahan terhadap rayap. Istimewanya lagi, ulin hanya terdapat di Sumatera dan Kalimantan.

Jalan-jalan santai bisa diawali dari rumah pembibitan koleksi kayu. Ratusan bibit tanaman kayu khas Kalimantan bisa ditemui, seperti Meranti, Durian, dan Rambutan Hutan.

Di sudut lain Kebun Raya Balikpapan terdapat lamin atau rumah adat Kalimantan Timur yang berbahan kayu 10 x 10 meter. Rumah ini cukup besar dengan daya tampung 100 orang.

Di samping itu, di rumah ini juga terdapat area dengan bentuk lingkaran besar, biasa digunakan untuk panggung pertunjukan. Sekitar 100 meter dari sana, terdapat danau buatan.

Terdapat 3 danau buatan yang masing-masing luasnya sekitar satu hektar. Intinya, cobalah sobat traveler kunjungi tempat ini, kali aja ada hal yang buat sobat berkesan.

Naah, demikianlah 7 destinasi wisata di kota Balikpapan yang seru dan menyenangkan. Kalau anda kesana, jangan lupa berselfi ria dan siapkan uang juga untuk membeli cendramata khas Kalimantan Timur.

READ : Tempat Wisata di Bontang Paling Keren

Leave a Reply