Pantai Merah Banyuwangi : Tiket, Lokasi, Fasilitas & Rute (2020)

Pantai merah banyuwangi adalah suatu destinasi wisata favorit di pulau Jawa. Laut merah ini boleh dikata iconnya wisata banyuwangi.

Kalau kita berlibur ke Jogja, kita akan disuguhkan banyak wisata budaya. Kalau kita traveling ke Bandung, kita disuguhkan dengan suasana urbannya. Nah, kalau ke Banyuwangi, kita akan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Alam pantai, perbukitan, taman nasional, bahkan sampai ujung timur wisatawan akan dimanjakan dengan suasana alam yang begitu memukau. Apalagi yang ada di kota Banyuwangi ini, Pantai Pulau Merah yang selalu menjadi buah bibir.

Mau nyoba ke sini? kalau mau berarti teman-teman harus punya maklumat dulu..upss apa itu maklumat? maksudnya informasi. Oleh sebab itu kk mau berbagi info nih terkait pantai yang sewwru ini.

Pantai Merah Banyuwangi

Kenapa sih dinamai pantai merah? ini merupakan point pertama yang bakal kk telusuri. Selain itu kk juga akan lengkapi dengan sederet info seperti tiket, lokasi, wahana dan sebagainya. Adek-adek ikutin ya….

Lokasi dan Asal Usul Pantai Laut Merah

pantai laut merah

Pantai Laut Merah berada di kabupaten Banyuwangi bagian selatan. Alasan dinamai pantai merah, lantaran terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 200 meter yang tersusun dari material tanah merah.

Di pulau ini terdapat sebuah pura yang merupakan tempat upacara keagamaan umat hindu.

BACA :  Daftar Air Terjun di Banyuwangi [Update 2020]

Selain pulau merah yang menjadi icon laut merah, pantai ini juga memiliki pemandangan pasir putih yang menghampar luas dan memanjang di bibir pantai hingga 3 km.

karena menghadap langsung ke samudera Hindia, pantai ini pun menjadi semakin mempesona. Apalagi warna pasirnya yang terkadang putih, terkadang pink kemerahan.

Harga Tiket Masuk 

  • Tarif Tiket             : Rp. 8000 per orang
  • Jam operasional   : 07.00 sd 17.00
  • Parkir mobil         : Rp. 5000
  • Parkir motor         : Rp. 2.000
  • Harga penginapan mulai : Rp. 10.000

Obyek Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

pantai laut merah

Bukan saja soal keindahan yang bisa sobat nikmati, di pantai laut merah juga sobat dapat menikmati sejumlah permainan yang bisa bikin sobat merasa heppy.

Ditambah lagi sejumlah fasilitas juga bisa bikin sobat merasa nyaman. Lantas apa saja objek wisata yang bisa dinikmati selama di sini. Di antaranya yaitu:

1. Snorkeling

Pertama, sobat bisa menikmati alam bawah laut dengan aktivitas snorkeling. Meski tidak seperti Karimun Jawa, tetapi keindahan di pantai ini cukup berkesan.

Nanti sobat akan mendapatkan pengalaman bagaimana feelnya setelah menikmati keindahan bawah laut merah.

Agar dapat menggunakan snorkeling, sobat harus menyewa di tempat penyewaan alat-alat renang. Murah,ko.

2. Berselancar di Pantai Merah Banyuwangi

Jangan salah, pantai merah ini pernah dijadikan tempat kompetisi selancar internasional. Ya dengan ombak yang lumayan, terutama di pulau Plengkung, bisa sobat jadikan solusi sebagai tempat bermain selancar.

Bagi sobat sekalian yang ingin menikmati permainan air ini, silahkan nyewa selancar yang harganya mulai Rp. 50.000 an.

3. Menikmati Pemandanagan Pantai Merah

Selain melakukan aktifitas olah raga air, sobat juga bisa menikmati keindahan pemandangan pantai. Dengan panjang 3 km, sobat tidak akan bosan dengan suasananya.

BACA :  Destinasi Wisata di Madura Paling Cocok utk Santuy

Jika kaki sobat sudah lelah, sobat juga bisa menyewa kursi untuk duduk berbaring santai menikmati hembusan angin dan deburan ombak. Harga sewanya sekitar Rp. 25.000 an per 60 menit.

4. Mengelilingi Bukit Pasir Merah

Karena bukit laut merah ini dekat dengan pesisir, kadangkala dapat diakses dengan berjalan kaki. Syaratnya, jika air laut surut. Karena jika surut, sekitar bukit ini menjadi daratan.

Nah, ketika itu, sobat bisa mengelilingi bukit yang mungil ini. waktu surut laut merah sekitar pukul 15.00 . jadi pastikan sobat dapat momen tersebut, ya.

Selain itu, sobat juga bisa naik ke atas bukit untuk menikmati keindahan alam terutama ketika senja. Dengan membidik kilauan air laut akibat pantulan matahari, min yakin kamera sobat bakal manja jepret sana jepret situ.

Jangan lupa, ambil dengan sudut kamera yang fokus agar menjadi sebuah booming. Hehe.

5. Mengunjungi Pura di Pantai Merah

Seperti yang kami katakan di atas, sejarah penyebutan laur merah lantaran terdapat bukit yang tersusun dari material tanah merah. Lalu di bukit ini terdapat pura yang digunakan untuk upacara keagamaan agama Hindu.

Pura ini bernama Pura Tawang yang dibangun tahun 1980 an. jadi, ketika sobat melihat pura ini, berarti sobat juga sedang berwisata sejarah sekaligus.

6. Wisata Kuliner di Pantai Merah

Kuliner adalah kakak kembar traveling. Tak afdol rasanya jika berkeliling ke suatu tempat wisata tetapi tidak mencicipi kuliner setempat.

Di pantai merah sendiri sobat tidak perlu khawatir, di sini ada sekian varian kuliner yang bisa sobat nikmati. Ada rujak soto, rawon, rujak bakso dan sebagainya yang merupakan kuliner khas banyuwangi.

Rute menuju Pantai Pulau Merah

pantai laut merah

Pantai laut merah berada sekitar 60 KM dari Kabupaten Banyuwangi. Sobat harus menempuh rute menuju Srono lalu ke Kesilir lalu ke Pulau Merah. Meskipun jalannya membingungkan lantaran berkelok-kelok, sobat jangan khawatir.

BACA :  Kawah Ijen Tour : Tiket, Rute & Dokumentasi 2020

Sebab pantai ini sudah terkenal sehingga bertanya ke siapa pun pasti akan dapat memberi petunjuk jalan.

Tips Sukses Berwisata di Pantai Merah Banyuwangi

pantai laut merah

Berikut ini kami akan sharingkan beberapa peraturan yang harus sobat patuhi jika ingin sukses berwisata ke pantai merah. Jika tidak dipatuhi, khawatir terjadi marabahaya pada sobat. Hehe.

Pertama, sobat kudu bawa peralatan kesehatan sederhana seperti minyak kayu putih dan tolak angina. Kedua, sobat jangan pergi tanpa bawa uang.

Ketiga, selama di sini sobat tidak boleh buang sampah sembarangan. Keempat, sobat harus menjaga kebersihan selama traveling.

pantai laut merah

Demikian sekelumit info, sejarah, asal-usul dan keindahan pantai laut merah banyuwangi. Jika ada pertanyaan dan tambahan, silahkan tulis di kolom komentar.

Bila perlu, kirim pengalaman sobat sebanyak – banyaknya agar memberikan manfaat ke banyak orang.

BACA : Pantai Tampora Situbondo

Leave a Reply