Pantai Bugle Camara Tanjung Lesung : Tiket, Rute, Fasilitas, Foto

Waktu liburan lebaran 2021 kemarin saya berhasil mudik ke Panimbang, lalu saya pun sempatkan mengunjungi Pantai Bugle Camara. orang kampung mah kenalnya bugel (e lele). Biar gampang kali ya nyebutnya.

Mengapa saya mantai di Bugle?

soalnya saya kepo banget dengan pantai ini terutama setelah mendengar testimoni orang-orang yang baru saja nongbar di pantai ini. Katanya view-nya bagus, pantainya bersih, pasirnya halus.

So, pada suatu hari saya meluncur ke tempat ini bareng keluarga besaaaar. mau tahu info lebih lanjut? ikuti petualangan saya yaw!

Alamat Pantai Bugle

pantai bugle camara

Pantai Bugle berada di Desa Banyuasih Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang. Lokasi persisnya berada setelah Pantai Tanjung Lesung, tinggal ambil arah kiri saja, lalu jalan terus sampai ketemu lokasi ini.

Rute Menuju Pantai Bugle

Saya sendiri waktu itu naik mobil Losbak. hehe. di kampung memang biasa naik mobil ini kalau hendak bepergian bareng-bareng.

Anggap saja kaka-kaka sudah tahu Pasar Panimbang. Maka, waktu itu saya bareng keluarga start dari rumah, lalu berhenti di Pasar Panimbang untuk beli ikan dan makanan lainnya guna keperluan Manggang di lokasi.

Dari pasar ini ambil arah Tanjung Lesung, lurus saja. Hati-hati jangan belok ke arah Cibaliung-Cibadak, nanti khawatir kesasar di lain hati. eh!!

pokoknya lurus saja sampai ketemu Pantai Tanjung Lesung. Nah di sini tuh ada 2 jalan, kaka-kaka ambil arah kiri dan lurus terus.

Setelah belok ke kiri kaka nggak perlu repot-repot kiri atau kanan lagi, karena ini sudah berada di rute yang tepat menuju pantai bugle.

Hanya saja, kaka-kaka kudu waspada jangan sampe terlewat karena pelang Pantai Bugle kecil banget. posisinya ada di bagian kanan. lihat gambar di bawah ini :

pelang pantai bugel

Tiket Masuk Pantai Bugel

Kalau kaka-kaka naik mobil, kaka cuma bayar Rp. 50.000 (berapa pun penumpangnya). Jadi ngitungnya per mobil, bukan per orang.

Tapi kalau kaka-kaka naik motor, mungkin bareng doi gitu…hupss!. Kaka cuma bayar Rp. 20.000 (per motor, berapa pun penumpangnya). kali bisa 5 orang ya….hehe

Selain bayar ini, kaka tak akan dikenakan bayar yang lain lagi, nggak ada bayar parkir atau bayar apa lah…..

HTM : 

  • Mobil Rp. 50.000
  • Motor Rp. 20.000

Fasilitas Umum di Pantai Bugle

fasilitas pantai bugle

Beneran deh, keindahan pantai ini tidak berbanding lurus dengan fasilitas umum yang tersedia. saya juga sangat menyesalkan sih…. sayang banget nggak dikelola dengan profesional.

Tapi saya infokan aja beberapa fasilitas umum yang boleh dikata “miris”

1. Toilet

Di pantai ini hanya ada toilet tradisional yang fungsinya hanya untuk buang air kecil (BAK) dan ganti baju. Itu pun dibuat dari bekas spanduk dan kaleng seng.

Wadah airnya juga dibuat dari bekas Tong/Drum warna biru yang biasa digunakan untuk tempat ikan atau tambak ikan.

Adapun airnya, sama sekali tidak menggunakan air keran, hanya diambil dari danau kecil berlumut yang ada di dekatnya.

siapa yang ngambilin air?

tentu saja penjaganya. makanya meski sederhana, tapi kaka kudu bayar. hehe. kalau -maaf- pipis bayarnya cuma Rp. 3000 , kalau bilas bayarnya Rp. 5000,- mantap gaeeees, berapa tuh omzetnya ya. wkwkw

2. Mushola

Nggak ada bangunan mushola di pantai ini, susah banget untuk shalat. Makanya waktu itu saya shalat di bawah pohon beralaskan karpet yang dibawa dari rumah.

Nggak ada pilihan lain, kalau pun mau nyari ke pemukiman warga, jaraknya sangat jauh, bahkan ke ke jalan rayanya saja jauh banget, nggak memungkinkan.

Makanya ini juga jadi masukan kita buat para pengelola yang entah siapa itu tuh orangnya (mungkin RT setempat kali ya), hendaknya mereka menyediakan tempat shalat.

Hati-hati lho, kalau orang lain menjadi sulit melaksanakan shalat gara-gara kita, nanti khawatir nanggung dosa di akherat. Terlebih lagi tempat tersebut berada di bawah wewenang kita. uhhhh,,ngeri.

3. Warung

Tak ada warung nasi di sini, yang ada hanya warung kecil yang hanya berjualan air minum, cemilan ringan, jasuke, bakso, mie ayam, dan mainan anak-anak.

Jadi, kalau kaka-kaka mau ke sini sebaiknya bawa bekal makanan dari rumah.

4. Tempat Manggang (Bakar Ikan)

Kalau soal ini nggak terlalu sulit karena di sini banyak kayu bakar. Jadi kaka-kaka cukup bawa ikan dan nasinya aja dari rumah, lalu bakar di sini.

Memang sih kadang ada pengunjung yang bawa kayu bakar dari rumah, tetapi menurut saya mah nggak perlu deh, terlalu repot. sayang banget. di sini juga banyak.

Keindahan Pantai Bugle & Spot Istimewa

Soal keindahan, menurut saya top banged dah. Beneran! coba perhatikan foto-foto di bawah ini yang saya jepret sendiri (mohon maaf jika nggk seperti fotograper handal).

1. Pemandangan Laut & Gunung

pemandangan gunung

Di sini tuh unik banget, pantai tapi backroundnya gunung. luar biasa kan? sewaktu di sini saya merasa betah banget terutama ketika nongkrong di atas batu sambil menikmati suara ombak dan pemandangan yang indah.

Wah, rasanya males banget buat beranjak. PeWe peosisi wenak!

2. Pasir Halus

pasir putih pantai bugle

Selain terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk nongkrong, di Bugle juga ada bagian pasir halus yang bisa digunakan untuk bermain.

Makanya kalau ke sini upayakan bawa baju renang. coz sayang banget kalau nggak menikmati pasir dan deburan ombak. huh! gupak dah…gupak!

3. Tempat Camping

camping di pantai bugel

Nah, bagi kaka-kaka yang hobi kemping di tengah malam, di sini tuh recommended banged. Soalnya ada spot di bagian bibir pantai yang berumput pendek dan tanahnya datar. cocok banget buat bikin tenda. beneran deh!

Bisa kaka-kaka bayangkan tuh, berkemping sambil menikmati deburan ombak, angin sepoy-sepoy, pemandangan gunung dan ahh apa lagi ya. hehe

4. Tempat Mancing

lapangan di pantai bugel

Waktu saya ke sini ada banyak orang yang sedang mancing ikan. meski nggak ada spot khusus untuk mancing, tetapi nampaknya mereka bersemangat karena mungkin ada banyak ikan di pantai ini.

Makanya kalau kaka-kaka termasuk yang hobi mancing, silahkan bawa kail dari rumah.

5. Tempat Parkir

parkir pantai bugel

Jangan khawatir soal parkir, baik kendaraan roda dua mupun roda empat bisa parkir di mana saja.

Kaka atur saja mau parkir di sebeleah mana. kok gitu? iya karena nggak ada tukang parkirnya di sini.

Kendati demikian, kaka tak perlu khawatir soal keamanan, hal itu karena pantai ini termasuk ruang terbuka. Jadi dari kejauhan pun kaka bisa pantau kendaraan pribadi.

Mungkin itu saja sejumlah info yang bisa saya sharingkan ke kaka-kaka sekalian. kurang lebihnya mohon maaf.

Oya, kalau mau ngambil info dari tulisan ini mohon sertakan link nya ya untuk pertanggung jawaban ‘dunia akherat’ heheheheheh

Written By : Bang Choe

Leave a Reply