Harga Tiket Masuk Taman Hutan Kota Jombang (Kali Mati) 2020

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Kota Jombang – Hei kaka-kaka dan emak-emak yang lagi kepo pengen nyobain wisata terbaru buat nyantuy, pasti kaka-kaka lagi nyari info kan tentang Hutan Kota Jombang ini. Hehe

Baiklah, baru saja minggu lalu min ngeluyur ke sana dan sekarang min mau ceritain ke kaka dan emak-emak sekalian.

Namun sebelumnya perlu kaka ketahui, tempat ini tuh termasuk tempat wisata baru yang barus aja diresmikan oleh walkot tangsel, Airin Rachmi Diany pada tanggal 09 Februari 2020. Masih fresh kan?

Okelah untuk mempersingkat waktu, min mau paparkan satu persatu ya.

1. Mengapa Dinamai Kali Mati?

kali mati jombang

Jawabannya sederhana, soalnya tempat ini terdapat kali mati yang sudah tidak mengalir airnya. Sebetulnya airnya ada, cuma debitnya sedikit dan tidak mengalir.

Selain itu, mulanya kali ini juga kotor dan sedikit bau. Tapi setelah disulap menjadi tempat wisata, kali ini terlihat cantik dengan dinding yang dilukis oleh para pelukis handal.

2. Harga Tiket Masuk Hutan Kota Jombang

HTM Taman hutan kota jombang

Tempat wisata ini tidak menarik biaya tiket masuk. Artinya ketika kaka mau ke sini, kaka nggak perlu bawa uang buat beli karcis. Hanya saja, kalau kaka bawa kendaraan motor, maka kaka akan dikenakan biaya parkir saja sebesar Rp. 3.000

BACA :  Kandank Jurank Doank Tangsel Tempat Santuy [ 2020 ]

Kalau bawa kendaraan mobil, bayar parkirnya Rp. 4.500

Murah kan?

3. Fasilitas di Hutan Kota Jombang

Ada beberapa fasilitas umum yang sudah disediakan di tempat wisata yang masih ‘perawan’ ini.

1. Mushola

mushola taman hutan kota tangsel

Meskipun tidak terlalu besar, tetapi mushola ini cukup nyaman karena posisinya berada di bawah pohon rindang. Selain itu, di depan mushola juga terdapat kursi-kursi permanen yang bisa digunakan untuk bersantuy.

Ditambah lagi di bagian dalamnya ada colokan listrik yang bisa kaka gunakan buat ngecharge hp atau laptop. Ini yang min alami kemarin. Nyari-nyari colokan, e ketemunya di mushola. Hehe

2. Toilet

toilet taman hutan kota jombang

Toilet ini posisinya berada di samping mushola. Di sini ada 2 jenis toilet yaitu untuk laki-laki dan untuk perempuan. Selain itu, karena terbilang baru, toilet ini juga tidak menarik biaya infak sebagaimana di tempat lain. Hikss

3. Gazebo (saung buat santuy)

gazebo hutan kota jombang

Bagi kaka-kaka yang suka duduk sambil menikmati suasana rindang, mungkin gazebo ini menjawab keinginan kaka. Hanya saja, di tempat ini baru ada 2 gazebo yang terbuat dari bahan semen.

Karena cuma 2, kadangkala sudah diisi oleh yang lebih dulu ke sini. Waktu min ke sini juga min nggak sempat nongkrong di gazebo. Apalagi gazebonya nggak dilengkapi colokan hp. Hmm (mungkin ini masukan buat pemkot agar melengkapi gazebo dgn colokan).

4. Kursi – Kursi Melingkar

hutan kota jombang

Selain gazebo, hutan kota Jombang juga dilengkapi dengan kursi dan meja permanen dari semen yang bisa kaka manfaatkan buat duduk santai.

Para emak-emak biasa nongkrong di tempat ini sembari ngasuh anak-anaknya. Selain itu, di tempat ini juga bisa digunakan untuk selfie-selfie dengan berbagai gaya.

5. Dinding Selfie

fasilitas hutan kota jombang

Sebetulnya bukan dinding khusus buat selfie, tetapi karena pagar tembok di tempat ini dilukis dengan berbagai gaya, maka kadangkala dimanfaatkan oleh pengunjung buat background selfie.

BACA :  Wisata Tangerang Selatan : Gratis Tiket Masuk [ Update 2020 ]

Di sini ada gambar burung, pohon, dan berbagai graviti lainnya. Kece dah!

6. Wahana Bermain Anak

fasilitas hutan kota jombang

Karena tempat adem, dan cocok buat ngasuh anak, pemkot pun melengkapi sejumlah permainan untuk anak-anak. Di antaranya seperti ayun-ayunan, olah raga kaki, jembatan kecil dan sebagainya.

7. Wahana Bermain orang Dewasa

jembatan untuk orang dewasa

Karena tempat ini ramah anak, maka kebanyakan wahana bermain pun hanya diperuntukkan untuk anak. Adapun orang dewasa, nampaknya cuma ada satu aja yaitu jembatan gantung.

Kendati demikian, bukan berarti jembatan gantung ini tidak boleh untuk anak. Hanya saja, kalau ada anak yang mau naik, orang tuannya harus mendampingi.

Pasalnya jembatan gantung ini cukup panjang dan dikhawatirkan terjadi apa-apa kalau anak kecil naik tanpa didampingi orangtua.

8. Tempat Jajan

Tak ada tempat jajan dan tukang dagang di dalam area ini. Kalau kaka ingin membeli sesuatu, kaka bisa berjalan ke luar gerbang, di sana ada beberapa pedagang, kaka bisa memilih sesuai selera jajanan.

Mengapa pedagang tidak diperkenankan masuk?

min sendiri nggak tahu, tapi menurut min bagus sih untuk menjaga kebersihan.

9. Spot Berfoto

pelang taman hutan kota

Semua area di sini sangat cocok untuk berfoto. Hanya saja ada beberapa tempat yang sering dibidik seperti logo “LOVE TAMAN HUTAN KOTA JOMBANG” yang berwarna merah dan kuning. di depannya ada tugu peresmian yang ditandatangani oleh Bu Airin.

10. Alamat Hutan Kota Jombang

Alamat : Jl. Pertanian, Kelurahan Jombang, Ciputat Tangsel

Demikian sekelumit curhatan min setelah berkunjung ke sini. Semoga bermanfaat ya buat kaka-kaka semua. Jangan lupa share ke teman-teman lain biar nyobain tempat yang adem ini.

Leave a Reply