Festival Danau Sentani di Papua

Festival Danau Sentani – Pada tulisan sebelumnya kami menginformasikan danau Sentani yang merupakan danau terbesar di Papua. Danau ini juga termasuk destinasi wisata seru selama sobat ada di papua.

Nah, selain pemandangan alam yang eksotis keseruan yang paling menonjol danau ini juga terletak pada acara festival danau sentani. Apa itu festival danau sentani?

Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata yang diadakan setiap tahun di sekitar danau. Jika sobat ingin melihat serunya festival ini, silahkan berkunjung pada pertengahan tahun sekitar bulan Juni.

Memang, papua memiliki banyak festival adat yang patut sobat ketahui, selain sentani, festival lain yang juga perlu disambangi adalah festival Baliem Raja Ampat.

Festival Danau Sentani

festival danau sentani

Karakteristik Festival sentani memiliki capture yang unik, yaitu penampilan berbagai tarian adat yang dilakukan di atas perahu. begitu juga tarian khas perang yang jumlah personilnya sebanyak 500 orang, digelar di festival ini.

Di samping itu ada pula sajian kuliner dan pelaksanakan acara adat semisal penobatan Ondoafi semakin menambah keseruan festival sentani.

Adapun pesertanya, biasanya festival ini diikuti oleh semua paguyuban di kota Jayapura dan Jayapura secara keseluruhan.

Setiap paguyuban akan menampilkan budaya masing-masing terutama tari-tarian yang diiringi dengan lagu daerah masing-masing.

Tahun 2018 kemarin Festival Danau Sentani menampilkan sejumlah acara unggulan yang melahirkan beberapa festival kecil yang sangat menarik.

Misalnya festival Pawai Budaya, Festival Sagu Papua, Festival Musik Danau, Festival Kopi Papua. Ditambah lagi sejumlah kegiatan turut meramaikannya semial Pertunjukan Budaya, Pameran MKM, Expo Kuliner.

BACA :  Tempat Wisata di Papua Paling Santuy [2020]

Tarian Budaya Isosolo

festival danau sentani

Tarian Isosolo merupakan tarian tradisional masyarakat Papua terutama Suku Senani. Tarian ini biasa diperagakan ketika Festival Danau Sentani.

Uniknya, tarian ini dilakukan di atas perahu dengan personel sekitar 30 samapi 50 orang. Pada festival ini, berbagai kalangan akan ramai menonton mulai anak-anak, dewasa, pria, wanita akan turut memeriahkannya.

Secara bahasa, Isosolo dibentuk dari dua kata, yaitu Iso dan Solo. Iso artinya bersukacita sementara Solo artinya sekelompok orang dari berbagai kalangan. Karena itu, pagelaran tarian ini harus mengekspresikan suasana hati yang sedang bahagia.

Selain itu, para penari juga dilengkapi pakaian adat seperti manik-manik, rok rumbai, noken, alat musik Tifa termasuk peralatan perang seperti busur.

Berkeliling Pulau-Pulau di Danau Sentani

wisata papua

Danau Sentani memiliki luas 9000 ha dengan gugusan 22 pulau kecil di dalamnya. Sebagian besar pulau kecil ini dihuni oleh suku Sentani.

Jika ditotal, kira-kira ada 24 kampung di sekitar Danau Sentani dengan tradisi yang berbeda-beda.

Pada tarian Sentani, peserta akan mengelilingi pulau-pulau di danau sentani, dari satu kampung ke kampung lainnya.

Kerajinan Kulit Kayu Pulau Asei

festival danau sentani

Dalam konteks kerajian tangan, di danau sentani juga teradapat masyarakat yang mengdiami pulau Asei. Masyarakat di sini memiliki kebiasaan membuat kerajiann dari kulit kayu.

Karena pulau Asei terletak di dekat dermaga utama Danau Senatani, acapkali para wisatawan tertuju kepadanya.

Dengan mengendarai perahu sekitar 5 menit, wisatawan akan dibuat terpana dengan keindahan pulau Asei sekaligus kagum dengan karya kerajinan tangan penduduknya.

Demikian sekilas info terkait festival danau sentani di Papua. festival ini sering dibidik para wisatawan dalam dan luar negeri untuk didokumentasikan.

karena itu, kalau sobat kepo dengan festival ini, silahkan datang sekitar bulan Juni setiap tahunnya. bye….

BACA : Tempat Wisata di Palu

Leave a Reply