Destinasi Wisata Kepulauan Seribu [Update 2020]

Well, hello, good travellers. Di artikel ini akan dibahas sepuluh destinasi wisata kepulauan seribu. Tahu kan kepulauan seribu itu apa? Yap. Kepulauan seribu adalah salah satu taman nasional yang ada di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta.

Jaraknya hanya sekitar 45 km dari utara Jakarta. kira-kira memakan waktu berkisar 3 Jam dengan menggunakan kapal yang ada di pelabuhan Muara Angke.

Namun, sebenarnya lama perjalanan tidaklah sama, karena ditentukan oleh kecepatan kapal yang digunakan dan lokasi pulau yang akan disinggahi.

Di wilayah taman nasional kepulauan seribu, kamu akan menjumpai banyak sekali gugusan pulau-pulau kecil yang masih sangat asri dan pastinya indah sekali.

Bahkan, beberapa dintara pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni.
Menarik bukan? Yuk, kepo-in pulau mana saja yang wajib jadi daftar petualangan selanjutnya.

10 Tempat Wisata di Pulau Seribu Paling Instagramable

1. Pulau Tidung 

pulau tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu yang memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat menarik.

Tidak heran jika Pulau Tidung menjadi salah satu pulau yang paling difavoritkan oleh para wisatawan untuk menyelam.

Selain itu, Pulau Tidung juga terkenal dengan jembatan yang menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dengan Pulau Tidung Besar, jembatan ini disebut dengan Jembatan Cinta.

Jembatan Cinta inilah yang menjadi spot berfoto para wisatawan.

Pulau Tidung ini termasuk pulau yang berpenghuni. Oleh karena itu, di sana anda akan lebih banyak berinteraksi dengan penduduk sekitar.

Hingga saat ini, Pulau Tidung selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Pulau Pari 

pulau pari

Seperti halnya Pulau Tidung, Pulau Pari juga merupakan pulau yang berpenghuni. Namun penduduk di pulau Pari tidak sepadat yang ada di Pulau Tidung, sehingga Pulai Pari lebih tenang untuk dijadikan tempat berwisata.

BACA :  Wisata Pulau Bintan Kepulauan Riau (Update 2020)

Ikon yang paling menarik di Pulau Pari adalah Pantai Perawan. Pantai ini memiliki pesona yang sangat elok dengan hamparan pasir putih yang landai dan air laut yang bening.

Di samping itu, para wisatawan juga dapat mengelilingi pulau ini dengan menggunakan sepeda yang disewakan penduduk sekitar.

Maka, bersiaplah untuk dimanjakan oleh keindahan Pulau Pari saat anda berkunjung ke sana, ya!

3. Pulau Pramuka 

wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan pulau yang cukup hits di Kepulauan Seribu. Nama pulau ini tidak terlepas dari sejarahnya.

Konon, Pulau Pramuka dahulu bernama Pulau Elang, namun karena seringnya pulau ini digunakan untuk kegiatan kepramukaan, maka jadilah pulau ini disebut dengan Pulau Pramuka.

Pulau Pramuka memiliki penduduk yang cukup padat, hal ini tidak terlepas dari perannya sebagai pusat administrasi dari Kabupaten Kepulauan Seribu.

Namun jangan khawatir, anda akan tetap disuguhi pemandangan yang tidak kalah cantik dengan pulau-pulau lain, serta lingkungan yang ramah dan menyenangkan.

Yang tidak kalah menarik adalah anda akan menemukan penangkaran penyu di Pulau Pramuka ini. Selain itu ada banyak olahraga air yang bisa anda lakukan di sana.

4. Pulau Bidadari 

wisata pulau bidadari

Destinasi selanjutnya yang harus Anda kunjungi adalah Pulau Bidadari. Pulau ini merupakan pulau terdekat dari Teluk Jakarta. Di sini ada berbagai gaya penginapan yang ditawarkan, mulai dari cottage standar hingga suit yang berbentuk rumah panggung.

Di pulau Bidadarai ada sebuah pohon unik yang dinamakan pohon jodoh. Pohon ini berdiri tegak menghadap ke laut lepas.

Tidak jauh dari situ, anda kan menemukan sebuah menara yang disebut Menara Martello. Menara ini merupakan peninggalan VOC.

Meski bagian-bagiannya sudah mengalami kerusakan, namun menara ini masih bisa menggambarkan kekuatan Belanda pada masa itu.

5. Pulau Kelor 

wisata pulau kelor

Bagi anda yang ingin berwisata sekaligus mengulik sejarah zaman Belanda, Pulau Kelor bisa menjadi pilihan. Tidak jauh dari Pulau Bidadari , pulau ini memiliki objek sejarah yang masih berdiri kokoh, yaitu Benteng Martelo.

BACA :  Wisata Pulau Mentawai di Sumbar (Update 2020)

Benteng Martello ini rupanya masih memiliki hubungan dengan menara Martello yang ada di Pulau Bidadari. Bentang ini dibuat sebagai Belanda dari serangan Portugis.

Meskipun Pulau Kelor terbilang cukup kecil, anda tidak akan menyesal mengunjunginya, terlebih apabila anda termasuk penikmat sejarah.

Pulau Kelor akan menjadi destinasi alam sekaligus sejarah yang sangat indah dan menyenangkan.

6. Pulau Onrust 

pulau onsurt

Masih berdekatan dengan pulau Kelor, Pulau Onrust juga memiliki banyak kisah-kisah bersejarah yang dapat dikatan cukup membuat bulu kuduk merinding.

Disebut Onrust karena dahulu pulau ini adalah pulau yang ‘tidak pernah beristirahat’.

Pada masa penjajahan Belanda, Pulau Onrust pernah dijadikan sebagai tempat galangan kapal. Pada tahun 1933 pulau ini dijadikan pusat penanganan penyakit TBC, kemudian tempat karantina jamaah haji.

Sedangkan pada masa penjajahan Jepang Pulau Onrust beralih fungsi menjadi penjara dan penampungan gelandangan serta pengemis.

Hingga saat ini Pulau Onrust memiliki beberapa bangunan-bangunan yang tersisa dan kompleks pemakaman Belanda. Meski dikatakan angker, rasanya sangat disayangkan jika pergi ke Kepulauan Seribu tanpa mengunjungi Pulau ini.

7. Pulau Ayer 

Pulau Ayer

Pulau Ayer merupakan salah satu pulau dengan fasilitas terlengkap di Kepulauan Seribu. Di pulau ini disediakan banyak floating cottage yang sangat beragam tipe dan harga.

Selain itu, Pulau Ayer juga memiliki fasilitas pendukung lainnya seperti kolam renang, penyewaan sepeda, alat-alat olah raga air dan restaurant yang buka 24 jam.

Namun berhati-hatilah jika anda ingin bermain air di bibir pantai, karena banyak terdapat pecahan kerang-kerang kecil dan bulu babi, sehingga anda harus siap siaga untuk pertolongan pertama jika kaki anda mengenai binatang-binatang tersebut.

8. Pulau Semak Daun 

Pulau Semak Daun

Pulau selanjutnya yang kamu perlu kunjungi adalah Pulau Semak Daun. Pulau ini sangat cocok bagi para pelancong yang ingin menyatu dengan alam.

BACA :  Wisata Pulau Pari : Surga Tersembunyi Indonesia [Update 2020]

Di pulau Semak Daun tidak ada penginapan atau cottage seperti di pulau-pulau lainnya. Jadi, jika anda ingin berkunjung ke Pulau Semak Daun, jangan lupa siapkan alat-alat ¬camping ya!

Persiapkan juga alat untuk memancing, anda akn sangat rugi jika mengunjungi pulau ini tanpa melakukan aktifitas memancing.

9. Pulau Bira 

pulau bira

Pulau Bira merupakan pulang yang cukup melelahkan untuk dikunjungi. Jika anda berangkat dari pelabuhan Muara Angke, anda akan membutuhkan waktu 3 jam untuk sampai ke sana, dan harus transit ke Pulau Pramuka terlebih dahulu untuk berganti kapal.

Namun anda tidak perlu khawatir, perjalanan panjang anda akan digantikan dengan keindahana Pulau Bira yang belum banyak disentuh oleh para wisatawan.

Di sini anda bisa melakukan snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut berupa karang-karang besar yang bahkan bisa anda liat dari atas permukaan air yang jernih.

10. Pulau Sabira 

pulau sebira

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan dari berwisata ke Kepulauan Seribu adalah mengunjungi Pulau Sebira (Sabira). Pulau ini merupakan pulau terluar dari Kepulauan Seribu.

Pulau ini termasuk pulau yang cukup padat, dengan jumlah penduduk berkisar 500 orang. Selain itu, di sini juga terlihat banyak ikan asin yang dikeringkan di hampir setiap lahan kosong yang ada di Pulau ini.

Yang menarik dari pulau ini adalah adanya peninggalan berupa mercusuar dari pemerintah kolonial Belanda. Sayangnya, mercusuar yang kini bernama Menara Suar Jaga Utama ini terlihat tidak begitu terawat.

Oleh karena itu, Pulau Seriba merupakan salah satu pekerjaan rumah bagi pemprov DKI Jakarta untuk bisa ditingkatkan daya tariknya kepada wisatawan.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ketika berwisata di Kepulauan Seribu ya!
Selamat berlibur

Ditulis oleh: Umrotun Nida

Saat ini penulis kelahiran 1998 ini sedang menempuh studi pendidikan bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis sendiri berasal dari Cirebon.

BACA : Keindahan Pulau Pari Pulau Seribu

Leave a Reply