Daftar Air Terjun di Banyuwangi [Update 2020]

Air Terjun di Banyuwangi – Banyuwangi dikenal dengan “the sunrise of java” yang membuatnya tersohor lantaran pesona alamnya yang memukau.

Selain wisata pantai yang merupakan andalan destinasi plesiran, banyuwangi juga memiliki sejumlah air terjun. Kesemua air terjun ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Sebagiannya sudah terkenal, dan sebagaian lagi belum populer. Nah, karena itu kami ingin menelusuri setiap jengkal tempat – tempat wisata air terjun di banyu yang wangi ini.

Kalau sudah dapat info valid, min harap para pemirsa mau nyobain ya ke sini. Setelah itu nanti dokumentasikan dan kirim ke kontak kami. Hehe.

Daftar Wisata Air Terjun di Banyuwangi yang Instagramable

Untuk memenuhi rasa kepo para traveler, kami ingin bongkar daftar air terjun tersebut. Dengan begitu, sobat sekalian dapat dengan mudah untuk melacak dan mengunjunginya.

Secuil keindahan alam ini dapat sobat jadikan referensi traveling atau acara liburan sekolah. Nama-nama air terjun banyuwangi tersebut adalah sebagai berikut :

1. Air Terjun Sello Tirto

air terjun di banyuwangi

Air Terjun Sello Tirto adalah air terjun tersembunyi di balik kawasan perkebunan PTPN XII Pasewaran. Air terjun ini terletak di Desa Watukebo kecamatan Wongsoreji, Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu keindahan air terjun sello tirto karena bentuknya yang memiliki dua air terjun tanpa cekungan kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

BACA :  Pantai Merah Banyuwangi : Tiket, Lokasi, Fasilitas & Rute (2020)

Tetapi batu-batu di sekitarnya bisa sobat jadikan tempat untuk menikmati keindahan alam.

2. Air Terjun Jagir

air terjun di banyuwangi

Air Terjun Jagir biasa disebut juga air terjun kampung anyar. Hal ini lantaran lokasinya berada di kampung anyar desa Taman Suruh, Kec. Glagah, kabupaten Banyuwangi.

Jika sobat datang kesini, sobat akan menyaksikan air terjun yang berjumlah tiga aliran. Oleh sebab itu, warga sekitar kadangkala menamainya dengan air terjun kembar.

3. Air Terjun Kalongan

air terjun di banyuwangi

Air terjun ini terbilang masih alami karena airnya masih jernih dan dingin. Apalagi di sekitarnya berupa perbukitan sehingga menambah kesejukan suasana.

Air terjun yang berlokasi di Desa Pesucen, Kecamatan Klipuro, Kabupaten Banyuwangi ini sangat recommended untuk sobat sambangi. Selain keindahan, di sini juga terdapat kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Hanya saja, sobat kudu hati-hati karena cekungan kolam ini memiliki kedalaman hingga 15 meter. Jadi, jika sobat tidak bisa berenang, sobat jangan coba-coba nyemplung. Nanti nggak timbul lagi.

Oya, ketinggian air terjun kalongan mencapai 10 meter. Ketinggian ini membuat pemandangan semakin indah. Jangan lupa, bidik dengan sudut kamera yang pas agar booming.

4. Air Terjun Selogiri

air terjun di banyuwangi

Air terjun Selogiri adalah air terjun yang tidak mudah untuk dijangkau. Hal ini karena aksesnya yang sulit. Kondisi jalan yang penuh bebatuan juga sangat tidak ramah dengan motor matic.

Lokasi air terjun ini berada di kawasan perkebunan PTPN XII di desa Ketapang, Kecamatan Kalipura Kabupaten Banyuwangi.

5. Air Terjun Kalibendo

air terjun di banyuwangi

Air Terjun Kalibendo terletak di desa Kampung Anyar kecamatan Glagah Banyuwangi atau sekitar 15 KM dari kota Banyuwangi.

Berbeda dengan air terjun sebelumnya yang belum dikelola, air terjun Kalibendo mengenakkan tarif tiket masuk bagi siapa pun yang hendak berkunjung. Jadi, siapakan biaya ya sob. Tapi murah banget ko, lima sampe sepuluh ribuan.

BACA :  Destinasi Wisata di Madura Paling Cocok utk Santuy

6. Air Terjun Pakudo

air terjun di banyuwangi

Air terjun Pakudo adalah air terjun yang terletak di Dusun Krajan desa Sgobang, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Dengan ketinggian 15 meter, air terjun ini termasuk air terjun yang memiliki pemandangan menawan. Hanya saja, jika sobat hendak kesini sebaiknya perhatikan cuaca.

Apabila hujan, sobat akan kesulitan menempuh jalan karena berlumpur.

Meski air terjun ini cukup indah, tetapi kondisinya sepi pengunjung lantaran aksesnya yang tidak mudah.

Hal menarik yang juga bisa sobat dapatkan pada air terjun ini terletak pada cekungan di bawahnya yang bisa sobat jadikan untuk berendam atau bermain air.

Kedalamannya lumayan, sekitar 1,5 meteran. Apalagi kalau berkunjung pada musim panen durian, warga biasa menjajakannya ke para wisatawan.

7. Air Terjun Antogan

air terjun di banyuwangi

Air terjun di banyu wangi yang tak kalah heboh juga adalah air terjun Antogan yang terletak di dusun Krajan, Desa Bunder, Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi.

Air terjun ini memiliki cekungan di bawahnya yang bisa sobat gunakan untuk berenang. Menurut warga, air terjun ini dulunya sangat favorit, namun saat ini tidak terlalu terawat. Jadi seperti terbengkalai.

8. Air Terjun Lider

air terjun di banyuwangi

Air terjun lider memiliki ketinggian 60 M sehingga aliran airnya sangat deras. Sumber airnya berasal dari mata air di kaki Gunung Raung.

Oleh sebab itu, aliran air ini sangat dingin dan sejuk. Jika sobat mengunjungi air terjun ini, sebaiknya sobat tidak mendekati bagian bawah karena percikan airnya sangat kencang.

Adapun lokasi air terjun lider, berada di dusun Sragi Desa Sumber Arum kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Sekitar 45 KM dari kota Banyuwangi.

Ciri khas air terjun ini terletak pada ketinggiannya, bahkan merupakan air terjun tertinggi di banyuwangi. Selain itu, kelestarian alamnya juga menjadi daya tarik tersendiri di kalangan wisatawan.

BACA :  Wisata Taman Bunga Terindah di Dunia Bak Surga

9. Air Terjun Giri Asih

air terjun di banyuwangi

Karena Air Terjun Giri Asih berada di atas air terjun Slendangarum, untuk mencapainya sangat tidak mudah. Dibutuhkan tenaga yang prima agar dapat menikmati pemandangannya.

Apalagi jalan menuju lokasi ini melewati jalan curam dan persawahan. Karena sulitnya, tidak banyak pengunjung di lokasi ini.

10. Air Terjun Selendang Arum

air terjun di banyuwangi

Air terjun Selendang Arum memiliki keitinggian sekitar 20 meter. Karena masih terbilang baru, sosialisasi tahun 2013, wajar jika pengelolaannya pun belum terlalu signifikan.

soal keindahan, air terjun ini bisa dibandingkan dengan air terjun lainnya. apalagi aliran air terjun ini jatuh di tebing sehingga membentuk pola selendang yang dijemur.

Karena itu air terjun ini dinamai selendang arum.

Demikian deskripsi 10 air terjun di banguwangi. Tentu saja masih ada sekian lagi air terjun lainnya. lain kali akan kami jelaskan.

BACA : Panduan Lengkap Mendaki Gunung Semeri Hingga Puncak Mahameru

Leave a Reply